12 Penyebab Bumi Makin Panas


12 Penyebab Bumi Makin Panas

Squeelink-ers sadar ga sih kalau makin hari bumi kita makin panas aja, apalagi di kota jakarta dan sekitarnya yang banyak mobil, motor dan kendaraan lainnya. Ya, memang rasanya AC mobil pun sudah tidak mampu untuk memberikan udara dingin yang cukup untuk membuat kita sejuk. Nah kenapa itu semua bisa terjadi?

Ya itu pasti di karenakan Global Warming. Ya..global warming yang diartikan pemanasan global oleh kita (walaupun seharusnya diartikan penghangatan global). Kondisi bumi yang semakin panas karena panas sinar matahari terperangkap di bumi sebagai akibat dari meningkatnya kadar CO2 di udara (efek rumah kaca). Begitulah kira-kira saya menangkap pengertian Global Warming.

Meningkatnya kadar CO2 itu sendiri diakibatkan meningkatkan konsumsi fossil fuel. Fossil fuel adalah bahan bakar yang berasal dari fosil tumbuhan atau hewan. Yang termasuk fossil fuel antara lain minyak bumi dan batu bara. Selain itu berkurangnya jumlah hutan di bumi juga turut berperan dalam peningkatan kadar CO2 karena hutan berperan dalam mengubah CO2 menjadi O2.
Banyak dampak buruk akibat pemanasan global ini. Dampak yang terjadi merupakan sebuah efekdomino.
Karena kadar CO2 meningkat panas matahari terperangkap di bumi, mengakibatkan suhu udara semakin meningkat. Karena panas, suhu air laut menjadi lebih hangat. Hal ini menyebabkan biota laut mati. Suhu air laut yang meningkat membuat es di kedua kutub mencair. Es abadi yang ada di puncak-puncak gunung juga mencair. Pencairan es ini membuat ketinggian air laut meningkat, alias kita semakin tenggelam.
Panasnya suhu juga membuat tingkat penguapan tinggi. Tidak hanya di laut tetapi juga di darat. Maka terjadilah kekeringan. Kadar uap air yang tinggi di atmosfer meningkatkan potensi terjadinya badai. Saat badai melewati perairan yang hangat tadi ia akan semakin membesar. Singkatnya akan terjadi badai yang lebih besar dan lebih sering terjadi.
Pohon-pohon akan mati karena panas dan kekeringan. Dengan demikian bumi semakin tidak mampu mengubah CO2 menjadi O2. Global warming akan menjadi-jadi. Jadilah Global Hotting!!!
Apa yang akan kita lakukan?

1. Hemat Penggunaan Komputer
Matikan saat tidak digunakan, stop melakukan download gila-gilaan yang menguras tenanga komputer sampai menyentuh titik panasnya. Squeelink-ers yang gemar main game (terutama game online) biasanya suka ngidupin komputer sampe pagi cuma buat vending tuh.
2. Hemat Penggunaan AC
Jangan terlalu sering menggunakan AC, penggunaannya ya bila emang lagi panes aja, jangan terlalu 24 hours. Jadi intinya digunakan bila memang diperlukan.
3. Gunakan Lampu Hemat Energi
Yap seperti merk Phili** atau apa saja yang penting dengan watt yang rendah tapi dengan cahaya yang cukup
4. Kurangi penggunaan lampu di siang hari
Buka jendela, biarkan sinar matahari pagi masuk; kan baik juga buat kesehatan. Siang-siang juga buat apa ngidupin lampu? Selain ngefek ke pemanasan global, juga ngefek ke biaya listrik rumah atau kantormu. Mau?
5. Biasakan matikan TV kalau tidak diperlukan
Kalau mau nonton saja dinyalakan, kalau tidak yah dimatikan saja =)
6. Pastikan indikator penanda arus listrik sudah padam saat tidak menggunakan alat elektronik
Kalau masih menyala berarti masih ada alirannya. Hal kecil memang, tapi bayangkan kalau hal ini terjadi sepanjang waktu. Banyak deh nyumbang untuk bikin bumi kita tenggelam.
7. Pantau penggunaan listrik bulanan
Kalau meningkat, bertekadlah untuk bulan depan musti turun. Sekarang juga sudah ada sistem voucher dari PLN. Sama kayak voucher ponsel, tapi yang ini ngga ada masa berlaku atau masa tenggangnya. Dipakai sampai habis trus jeglek! Makanya musti diisi sebelum voucernya habis. Dengan begini, pemakaian listrik bisa lebih terkontrol dan inget juga jangan lupa bayar tagihan listrik. (Apa Kata Dunia???)
8. Hemat penggunaan kertas
Bila menggunakan kertas usahain irit, kalo lagi ulangan kan 2 lempir tuh di robek aja jadi 2 kan bisa dipake buat ulangan berikutnya heheheheheh
9. Hemat penggunaan tinta
Sama dengan kertas, tinta juga cukup akrab dengan dunia Blogger
10. Gali informasi tentang Global Warming
Siapa pun setuju kalau internet adalah gudang informasi. Sebagai seorang Blogger yang akrab dengan dunia internet akan sangat membantu didalam mendapatkan informasi-informasi terbaru seputar pemanasan global.
11. Tulis postingan tentang Global Warming
Ayo bikin postingan mengenai Global Warming!!!!, Semakin banyak yang menulis tentang pemanasan global, semakin banyak yang akan membaca dan “tercerahkan”
12. Pakai Kendaraan Pribadi seperlunya
fasilitas umum sekarang ini sudah banyak yang diperhatikan.. coba sekali2 naik bus umum biar mengurangi polusi udara di negara kita..

About these ads

~ by squeelink on 2727/0404/2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: