Bangun dari Koma, Remaja Kroasia Lancar Berbahasa Jerman


Bangun dari Koma, Remaja Kroasia Lancar Berbahasa Jerman

Selasa, 13 April 2010 | 14:41 WIB

ilustrasi

KNIN, KOMPAS.com – Seorang gadis Kroasia berusia 13 tahun yang koma saat bangun jadi lancar berbahasa Jerman.
Menurut orang tuanya, gadis itu, dari kota Knin di selatan Kroasia, sebelumnya tidak lancar berbahasa Jerman. Ia justeru baru saja mulai belajar bahasa Jerman di sekolah dan sedang membaca buku dan menonton TV Jerman demi meningkatkan kemampuannya.

Ketika bangun dari koma selama 24 jam, dia tidak langsung mampu berbicara bahasa Kroasia, tetapi malah berkomunikasi dalam bahasa Jerman dengan sangat baik.

Para dokter di Rumah Sakit Split KB menyatakan bahwa kasus ini sangat tidak biasa. Berbagai ahli telah memeriksa gadis itu. Mereka mencoba untuk mencari tahu apa yang memicu perubahan tersebut.

Direktur Rumah Sakit, Dujomir Marasovic, seperti dikutip Telegraph, mengatakan, “Anda tidak tahu saat pulih dari trauma semacam itu bagaimana otak bereaksi. Tentu saja kami memiliki sejumlah teori meskipun saat ini kami dibatasi untuk menyampaikan hal itu karena kami harus menghormati privasi pasien.”

Ahli kejiwaan Dr Mijo Milas menambahkan, “Dulu, ini akan disebut sebagai keajaiban, kami lebih suka berpikir bahwa mestinya ada penjelasan logis – hanya saja yang kami belum menemukannya.”

source: http://internasional.kompas.com/read/2010/04/13/14410830/Bangun.dari.Koma..Remaja.Kroasia.Lancar.Berbahasa.Jerman-3

~ by squeelink on 1313/0404/2010.

One Response to “Bangun dari Koma, Remaja Kroasia Lancar Berbahasa Jerman”

  1. […] This post was mentioned on Twitter by Hendra, squeelink. squeelink said: Bangun dari Koma, Remaja Kroasia Lancar Berbahasa Jerman: http://wp.me/pSFAk-D […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: