Kamus Besar Bahasa Alay


Kamus Besar Bahasa Alay

Kamus besar bahasa Alay

Bahasa Alay, atau yang biasa disebut sebagai bahasa “anak layangan“, merupakan bahasa anak muda masa kini. Sebenarnya penggunaan kata anak muda dirasa kurang pas, karena penggunaan bahasa alay ini marak dipopulerkan oleh anak-anak ABG (anak baru gede) seumuran SMP, maupun SMU.

Bahasa ini sangat tidak lazim bagi orang-orang sehat dan normal seperti kita. (Maaf kalau menyinggung perasaan, mungkin anda yang membaca tulisan ini termasuk dalam kategori anak alay). Seperti contohnya:

“heii , lamb knall yupz ! nmAquw Gneshaa . . !”

“l3h knl n mnt n0 hp 9 bwt nmbh tm3n”

“U 9Hy D! HuMZzZ. . . ???”

Anak ABG selalu berhasil menciptakan sebuah image baru mengenai dirinya walaupun hal tersebut banyak menabrak rambu-rambu yang telah ada. Tidak terkecuali dengan bahasa alay ini, yang menggabungkan huruf dengan angka, memperpanjang atau memperpendek pemakaian huruf atau memvariasi huruf besar dan kecil membentuk sebuah kata dan kalimat. (Damn, Betul-betul aneh…)

Bagi kita yang masih berinteraksi dengan anak-anak ABG (baca = alay) tersebut, tentunya akan sangat menyusahkan bila mereka menuliskan sesuatu (SMS/email misalnya) kepada kita. Kita tidak tahu apa maksudnya.

Seperti halnya tren bahasa gaul yang sempat dipopulerkan oleh Deby Sahertian hingga penerbitan beberapa kamus bahasa gaulnya, bahasa alay juga memerlukan sebuah kamus atau kitab khusus untuk mengartikan bentuk tulisan agar mudah dimengerti. Berikut adalah Kamus Besar Bahasa Alay (KBBA) yang saya kumpulkan dari berbagai sumber:

· Gue : W, Wa, Q, Qu, G
· Lo/kamu : U
· Rumah : Humz, Hozz
· Aja : Ja, Ajj (Ajj bacanya apa ya?)
· Yang : Iank/Iang, Eank/Eang (ada juga yang iiank/iiang)
· Tuh : Tuwh, Tuch
· Deh : Dech, Deyh
· Sempat : S4
· Lucu : Luthu, Uchul, Luchuw
· Khusus : Khuzuz
· Kalian : Klianz
· Belum : Lom, Lum
· Cape : Cppe, Cpeg§ Kan : Khan, Kant, Kanz
· Manis : Maniezt, Maniies
· Cakep : Ckepp
· Keren : Krenz, Krent
· Dulu : Duluw (Dulux aja biar bisa ngecat rumah)
· Chat : C8
· Tempat : T4
· Add : Et, Ett (biasanya minta di add friendsternya)
· Banget : Bangedh, Beud, Beut (sekalian aja baut sama obeng)
· Telepon : Tilp
· Ini : Iniyh, Nc
· Boleh : Leh
· Baru : Ru
· Ya/Iya : Yupz, Ia, Iupz
· Kok : KoQ, KuQ, Kog, Kug
· Nih : Niyh, Niech, Nieyh
· Ketawa : wkwkwk, xixixi, haghaghag, w.k.k.k.k.k., wkowkowkwo (bacanya apa coba tolong jelaskan)
· Ketawa2 : hakshakshaks . . . (ini ketawa apa keselek??)
· Nggak : Gga, Gax, Gag, Gz
· Hai : Ui (Apa Ui? Universitas Indonesia?)
· SMS : ZMZ, XMX, MZ (oh god…)
· Mengeluh : Hufft
· Kurang : Krang, Krank (Crank?)
· Tau : Taw, Tawh, Tw
· Maaf : Mu’uv, Muupz, Muuv
· Sorry : Cowwyy, Sowry
· Siapa : Sppa, Cppa, Cpa, Spa
· Kakak : Kakagg
· Lagi : Ghiy, Ghiey, Gi
· Apa : Pa, PPa (PPa ???)
· Tapi : PPi
· Kenal : Nal (buset irit karakter banget)
· Buat : Wat, Wad
· Cewek : Cwekz
· Cowok : Cwokz
· Bokep : Bokebb
· Sih : Siech, Sieyh, Ciyh (nggak sekalian aja Syekh Puji)
· Nya, contoh : misalnya, jadi misalna, misal’a, misal.a
· Imut : Imoetz, Mutz
· Loh : Loch, Lochkz, Lochx
· Gitu : Gtw, Gitchu, Gituw
· Salam : Lam
· Karena/Soalnya : Coz, Cz
· Masuk : Suk, Mzuk, Mzug, Mzugg
· Punya : Pya, P’y
· Pasti : Pzt
· Anak : Nax, Anx, Naq (ko-naq?)
· Cuekin : Cuxin
· Curhat : Cvrht
· Main : Men
· Paling : Plink, P’ling
· Love : Luph, Luff, Loupz, Louphh
· Makan : Mumz, Mamz
· Yuk : Yuq, Yuqz, Yukz
· Terus : Rus, Tyuz, Tyz
· Tiap : Tyap
· Dong : Dumz, Dum (apa Dumolit?)
· Reply : Repp (ini yang paling sering ditemukan di dunia maya)
· Halo : Alow (menurut kalian, apakah kita teletubbies?)
· Sayang : Saiank, Saiang
· Kalau : Kaluw, Klw, Low (oh maann…)
· Setiap : Styp
· Lupa : Lupz
· Udah : Dagh
· Kamu : Kamuh, Kamyu, Qmu, Kamuwh

Bagi anda yang masih alay, atau mungkin mantan alay, mungkin anda bisa menambahkan kata atau kalimat yang kurang di atas.

ayooo ada followers @squeelink yang merasa alay? atau temennya alay? di tweet aja artikel ini ke dia =p

source: http://www.rismaka.net/2010/03/kbba-kamus-besar-bahasa-alay.html

~ by squeelink on 1919/0404/2010.

One Response to “Kamus Besar Bahasa Alay”

  1. alay dibunuh saja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: