Tips Menaikkan Berat Badan


Tips Menaikkan Berat Badan

Tips Menaikkan berat badan

Tips Menaikkan berat badan

Masalah berat badan bukan hanya kegemukan. Orang yang berbadan kurus (underweight) juga resah. Mereka merasa terlalu tidak ideal bobot tubuhnya sehingga kurang percaya diri. Menurut Dr Ririn Hariani, Sp.GK, biasanya porsi makan orang kurus cenderung lebih sedikit daripada orang normal. Pola makannya juga menganut gizi tidak seimbang misalnya, mengurangi porsi lemak atau bahkan sama sekali mengurangi lemak dan karbohidrat. “Pada prinsipnya bila ingin menjadi gemuk, maka asupan kalori lebih banyak ketimbang yang dikeluarkan,” ujar Ririn.

Tetap harus seimbang Lemak di tubuh sebagai biang keladi kegemukan. Apakah untuk membuat berat badan naik, anda harus memasukkan lemak, sebanyak-banyaknya? Jelas bukan begitu. Pasalnya lemak terlalu banyak masuk ke tubuh akan berdampak tidak baik. “Jadi harus tetap seimbang, komposisi harus etap seimbang meliputi karbohidrat, lemak, protein dan vitamin,” ujarnya. Meski begitu, lemak tetap dapat ditambahkan dalam mengonsumsi makanan diet seimbang, dengan syarat selama fungsi organ-organ dalam keadaan baik. Pasalnya, lemak memiliki kalori tinggi (1 gram menghasilkan 9 kalori), sehingga makan sedikit lemak saja kalori akan meningkat jauh.

Biasanya, vitamin juga sering disebut sebagai pendongkrak berat badan. Vitamin-vitamin tertentu seperti vitamin B kompleks maupun vitamin lainnya dibutuhkan tubuh kurus bukan untuk menggemukkan badan, namun untuk memperbaiki metabolisme tubuh sehingga makanan yang masuk dapat dicerna dan diserap tubuh dengan baik. Vitamin dapat diperoleh dari sayur, buah atau suplemen. “Orang kurus, mungkin metabolisme tubuh tidak baik, tidak seimbang sehingga zat-zat gizi banyak yang terbuang,” ujarnya. Tetap aktivitas Aktivitas perlu dilakukan untuk memperbaiki metabolisme tubuh agar makanan yang masuk seimbang dengan yang dikeluarkan tubuh. Aktivitas bukan hanya diperlukan untuk badan yang kurus, tapi juga badan gemuk, maupun badan ideal agar tubuh tetap bugar.

Olahraga penting untuk mengganti lemak dengan otot-otot yang kokoh. Yang anda cari tentu bukan kegemukan tapi tubuh yang padat berisi. Tip menaikkan berat badan Pertama, porsi lemak agak lebih banyak, namun tetap menganut pola diet seimbang. Pasalnya bila terlalu banyak makan lemak, ditakutkan fungsi hati tidak baik karena terlalu berat mengolah lemak. Lemak lebih gurih, untuk menambah napsu makan.

Kedua, menjalankan aktivitas olahraga untu memperbaiki metabolisme.

Ketiga, menaikkan asupan makanan secara bertahap dalam porsi besar, dapat mengganggu fungsi pencernaan. Organ pencernaan menjadi ‘kaget’, akhirnya berdampak buruk pada kesehatan anda. Keempat, bila ada penyakit tertentu, diobati terlebih dahulu agar pola makan menjadi lebih baik.

nah klo masih blom nambah juga, list di bawah ini bisa buat jd pedoman (untuk yang fitness):
1. Sudahkan kita makan 5-6x sehari, porsi sedang, dan mengurangi junk food? Memakan junk food bukan saja menambah lemak tidak sehat tetapi juga bisa memperlambat metabolisme tubuh menjadikan tubuh tidak bisa bekerja secara sehat.
2. Makan karbohidrat dan protein LANGSUNG setelah selesai latihan. Hal ini diperlukan untuk mengantikan glycogen atau gula dalam otot yang habis sewaktu kita latihan. Dan proteinnya dibutuhkan oleh otot yang baru saja kita ‘rusak’ dengan latihan berat.
3. Makan real food(bukan suplemen) MAKS 1 jam setelah berolah raga
4. Minum multivitamin (ini keharusan buat yang mau nambah berat badan, karena vitamin B terutama, sangat membantu untuk mencerna nutrisi yang kita makan. Akan percuma makan banyak makanan tapi tubuh kita tidak bisa mencernanya dengan baik).
5. Latihan beban TIDAK MELEBIHI 1 jam. Dan kurangi cardio Anda. Latihan lebih dari 1 jam akan memboroskan kalori Anda. Anda tetap membutuhkan kalori untuk membangun otot-otot Anda.
6. Tidak melatih otot yang sama lebih dari 2x dalam seminggu
7. Sudah mengikuti 9-12 set per otot per sesi. Jangan melatih otot chest dengan seluruh alat di gym dengan asumsi semakin lengkap semakin baik. Gunakan hanya 3-4 alat masing-masing sekitar 3-4 set dan gunakan basic compound movement saja. No Isolation Movement.
8. 6-8 reps adalah suatu keharusan, tidak boleh sampai 12 reps. 6-8 reps tuh sudah failure.
9. Gunakan negatif reps. Setelah failure, dibantu oleh teman/spotter untuk angkat, dan kita tahan untuk turunnya. Variasikan negatif reps ini selama 2-3 minggu sekali.
10. Sudah menggunakan High Intensity Training untuk latihan beban. Yang artinya, istirahat pendek antar set, sekitar 1.5 – 2 menit. Dan angkat beban seberat mungkin. Contoh: buat yang tinggi sekitar 160-165, jgn bilang bench press 10kg kiri kanan sudah berat. Seperti itu tidak akan bisa menaikkan masa otot Anda. Kejar target minimal 25-30kg kiri kanan. Kalau blm mampu, naikkan perlahan2 tiap minggu sampai Anda mampu, kalau perlu, minta bantuan teman.

yap segitu aja dr squeelink tentang tips2 agar berat badan meningkat.. selamat berolah raga! semoga beratnya cepet naik deh!🙂

source: http://www.resep.web.id/tips/kiat-menaikkan-berat-badan.htm and http://id.88db.com/id/Knowledge/Knowledge_Detail.page?kid=2590

~ by squeelink on 2020/0404/2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: