Biaya Pembangunan Jembatan Selat Sunda Capai Rp 170 Triliun


Biaya Pembangunan Jembatan Selat Sunda Capai Rp 170 Triliun

Jakarta – Pembiayaan pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) diperkirakan akan mencapai Rp 170 triliun. Jumlah ini lebih tinggi daripada perkiraan awal yang sebesar Rp 100 triliun.

Sekretaris Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Sestama Bappenas Syahrial Loetan menyatakan, saat ini kajian kelayakan (pre feasibility) pembangunan JSS telah mendapatkan angka sebesar Rp 170 triliun untuk membangun jembatan yang menghubungkan pulau Jawa dan Sumatera itu.

“Kalau pre feasibility-nya itu bisa mencapai Rp 170 triliun. Tapi mungkin nanti dikaji lagi akan bisa berubah,” ujarnya saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Senin (26/4/2010).

Syahrial mengatakan, hingga saat ini, kajian mengenai Jembatan Selat Sunda ini masih belum selesai. Oleh karena itu, perkiraan biaya untuk pembangunannya masih akan berubah.

“Tapi berubahnya naik atau turun kita belum pasti,” jelasnya.

Proyek jembatan ini telah dimasukkan dalam mekanisme Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS). Jembatan ini, dalam buku KPS, termasuk proyek yang diprioritaskan untuk dipersiapkan administrasi dan kajiannya.

Namun, hingga saat ini, Syahrial mengaku peminat pembangunan JSS masih terbatas di Indonesia, yaitu Artha Graha. Syahrial optimis dengan proyek ini karena saat ini Indonesia berada dalam kondisi prima.

“Pertumbuhan ekonomi kita lebih tinggi daripada negara-negara lain. Dengan konsidi makro yang stabil, Indonesia bisa menjadi salah satu tempat berinvestasi yang tepat untuk global,” tegasnya.

Wah, semoga cepet jadi deh jembatannya, biar dari jawa bisa langsung ke sumatra ga usah pakai ferry lagi =)

sumber: detik.com

~ by squeelink on 2626/0404/2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: