Simpan Struk Sebagai Bukti Klaim PPN


Simpan Struk Sebagai Bukti Klaim PPN

Jakarta, Simpan struk belanja setiap kali Anda bersantap di restoran. Struk belanja per 1 April 2010 bisa membantu Anda mengklaim PPN 10 persen untuk makanan dan minuman sejak berlakunya UU No. 42 Tahun 2009 tentang PPN (Pajak Pertambahan Nilai) dan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah). Yang perlu Anda ketahui, sebagai konsumen Anda tetap akan dikenakan pajak daerah, yang jumlahnya berbeda di setiap tempat (bukan PPN 10 persen).

Tribun Bogor menuliskan bahwa Direktorat Jenderal Pajak menyatakan Kantor Pajak sudah tidak lagi memungut PPN untuk makanan dan minuman cepat saji di restoran. Pemungutan ini sudah tidak dilakukan sejak Undang-Undang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (UU PDRD) disahkan. Pemungutan PPN di restoran semuanya sudah diserahkan ke daerah sesuai ketentuan UU PDRD.

Nama PPN pun diganti menjadi PB1 (Pajak Pembangunan Satu), yang besarnya ditentukan oleh Peraturan Daerah (Perda) masing-masing. Jadi, PB1 adalah milik Pemda, dan namanya bukan PPN.

Pasal 4A butir 2 dari UU No. 42 Tahun 2009 ini menyebutkan, barang yang tidak dikenai PPN  adalah barang tertentu dalam kelompok barang sebagai berikut:

1. Barang hasil pertambangan atau hasil pengeboran yang diambil langsung dari sumbernya.
2. Barang kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh rakyat banyak.
3. Makanan dan minuman yang disajikan di hotel, restoran, rumah makan, warung, dan sejenisnya, meliputi makanan dan minuman baik yang dikonsumsi di tempat maupun tidak, termasuk makanan dan minuman yang diserahkan oleh usaha jasa boga atau katering.
4. Uang, emas batangan, dan surat berharga.

Nah, jika dalam struk makanan dan minuman masih tertera PPN 10 persen, Anda bisa menghubungi restoran untuk meminta uang Anda kembali (dari nilai PPN).

“PPN masuk dalam perhitungan pembukuan pelaku usaha, biasanya periode bulanan. Sebaiknya segera hubungi restoran sebelum pelaku usaha melaporkan pajak tersebut. Artinya lakukan komplain sesegera mungkin setelah mengetahui Anda masih dikenakan PPN 10 persen,” papar David M.L. Tobing, Ketua Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) Adamsco, Selasa (27/4/2010).

Nah bagi squeelink-ers yang hobby nongkrong di McD atau KFC bisa klaim juga tuh.. struknya disimpen aja, lumayan kan bisa dapet uang lagi =)

sumber:  kompas.com

~ by squeelink on 2727/0404/2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: