Bisakah Ali Disembuhkan?


Bisakah Ali Disembuhkan?

Tingginya kadar protein dalam urine, pembengkakan pada kelopak mata, kaki, dan perut merupakan tanda dan gejala dari sindrom nefrotik, seperti yang diderita Ali Rahmat (5). Berbahayakah penyakit ini dan dapatkah disembuhkan?

Keparahan sindrom nefrotik, menurut Dr dr Parlindungan Siregar, SpPD, KGH, dari Divisi Ginjal Hipertensi RSCM Jakarta, bergantung pada penyebab dan komplikasinya. “Sebagian besar penderita sindrom ini fungsi ginjalnya masih baik sehingga tidak berkembang menjadi gagal ginjal,” katanya.

Kendati demikian, semakin lama sindrom nefrotik bertahan, makin buruk pula hasilnya dalam jangka panjang. “Bila hasil pemeriksaan menunjukkan kondisinya sudah stadium lima, di mana sisa fungsi ginjalnya kurang dari 15 persen, ini adalah indikasi dialisis (cuci darah),” papar dr Parlin, staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Bila sindrom nefrotik disebabkan karena adanya infeksi atau penyakit lain, biasanya akan sembuh jika infeksi atau penyakitnya disembuhkan. “Kalau disebabkan diabetes, ya kadar gula darahnya diturunkan, intinya perawatan diarahkan untuk mengurangi gejala dan mencegah komplikasi,” papar dr Parlin.

Bila disebabkan karena faktor imunologi, dokter akan memberikan obat-obatan berupa imunosupresan untuk menekan reaksi imun. Perawatan lain meliputi diet rendah garam dan obat-obatan diuretik untuk mengendalikan retensi cairan dan menghindari pembengkakan.

~ by squeelink on 2929/0404/2010.

One Response to “Bisakah Ali Disembuhkan?”

  1. namaku azi, umurku 18 tahun, aku di vonis oleh dokter bahwa aku menderita SN, aku sudah 2 kali masuk rumah sakit.. apakah penyakit ini sudah pasti akan kambuh?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: